Review Film "About Time

Judul : About Time

Directed by : Richard Curtis
Starring : Domhnall Gleeson ( Tim), Rachel McAdams (Mary), Bill Nighy (Tim’s Dad)
Kali kedua menggunakan kategori reviews, dan saya berharap blog ini gak dicari Cuma sekedar revies aja 😛 , tapi kalaupun begitu.. gak masalah juga. Toh saya mereview itu bukan sekedar menjabarkan film atau anime atau buku berdasarkan box office atau bukan, tapi mereview mengenai pandangan saya atas apa yang saya review.
Ok, tanpa panjang lebar lagi… kali ini saya mau reviews film berjudul “About Time” (2013), di buat oleh Working title film dan didistribusikan oleh Universal picture. Genre nya itu romantic comedy.
Saya bukan pecinta romantic yang lebay dan drama queen, di film ini, porsinya pas, dan gak membuat pikiran hanya terfokus pada sisi romantisme pemain utamanya.
Bercerita tentang Tim lake, pemuda yang baru menginjak usia 21 tahun dan dihari yang sama juga mengubah hidupnya secara signifikan.
Setiap pria dalam keluarga Tim ternyata seorang penjelajah waktu, dengan catatan waktu lampau. Awalnya Tim tidak percaya dengan apa yang dikatakan oleh ayahnya, tapi setelah mencoba masuk keruangan gelap (atau dalam hal ini adalah lemari) dan mengeraskan kepalan serta menutup mata maka Tim kembali ke masa dimana dia membayangkan kejadian yang ingin dia tuju.
Dan hal ini membuat Tim mencoba memanfaatkan kemampuannya untuk mencari pasangan hidup (well, ini pasti membuat para jomblo pengen) yang mana bisa dibilang Tim adalah pria yang cukup sial untuk masalah asmara.
Hingga dia pergi ke London, jelas tujuannya untuk bekerja sebagai pengacara, dan menginap di rumah sahabat ayahnya yakni Harry. Mencoba peruntungan hingga tokoh utama kita ini menemui Mary, gadis yang sangat menggandrungi model Kate Moss.
Keadaan menjadi runyam mana kala tim mencoba memperbaiki pertunjukan Harry dan mengubah scenario pertemuan dirinya dengan Mary.
Dengan segala cara waktu diputar kembali, keadaan berjalan dengan sesuai keinginan Tim, hingga suatu hari ibunya menelpon dan mengatakan bahwa ayah Tim sekarat dan hanya menunggu waktu hingga beberapa minggu karena kanker (kalau kalian bertanya kenapa tidak mengembalikan waktu saat sebelum terjadinya kanker tersebut, lebih baik kalian tonton film ini)
Dan sang ayah memberikan petuah terakhirnya, tentang kemampuan anaknya, ada dua rencana yang diberikan sang ayah kepada Tim.
Pertama, jalani setiap hari sebagaimana hari tersebut akan berjalan, baik itu baik ataupun buruk.
Kedua, putar ulang hari itu, dan nikmati setiap jengkal prosesnya dengan positif thinking
And whala!
Ini lah makna yang bisa diambil, dan adegan ini yang membuat saya ingin mereview film yang tidak menimbulkan gumaman dan kerutan dahi untuk menghayatinya.
Sebuah rasa syukur atas setiap kejadian yang ada, kadang kalau kita terlalu terfokus dengan apa yang menjadi tujuan utama kita, maka kita tidak akan pernah sempat menikmati keadaan sekitar yang mungkin luar biasa indah.
Kadang hidup harus berjalan dengan pelan ditengah keadaan yang serba cepat, bukan tujuannya untuk menumpulkan diri, tapi untuk merasakan keadaan dimana kadang kita lupa untuk duduk, menikmati teh hangat, dan bersyukur atas apa yang ada.
Saya selalu berkeyakinan film, buku, dan anime atau apapun itu jika ada di grade bagus dan baik maka kapan pun kita melihatnya selalu memiliki nilai yang sama serta makna yang tak lekang oleh waktu.
Intinya, film berjudul “About Time” ini dari segi cerita termasuk ringan, menyenangkan untuk diikuti hingga akhir, dan bisa ditonton dua atau tiga kali lagi.
Untuk nilai yang saya ingin berikan mungkin
9 dari 10
n.b. saya memang menyukai peran Rachel McAdams di film ini, personally mary yang diperankan olehnya menjadi wanita yang mendekati sempurna (malah curhat)

Penulis: Hanli Wian

Seorang Orang

Tinggalkan komentar